Senin, 12 Desember 2011

Menginstal OS Melalui VMware

Vmware adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan kita melakukan sebuah simulasi penginstalan OS (Operating System) di dalam komputer kita, tanpa harus mengganti ataupun menghapus OS yang sebelumnya telah ada. Setelah kita berhasil menginstal OS kedalam Vmware, kita pun dapat melakukan berbagai macam aktifitas seperti halnya sebuah Komputer yang telah lengkap dengan OS nya. Berikut ini adalah beberapa langkah untuk menginstal OS melalui Vmware kedalam komputer kita. Dalam contoh ini, OS yang akan kita coba instal adalah UBUNTU, sebuah OS peranakan dari LINUX;


1. aktifkan software VMware work station




2. Pengaturan format dari Virtual Machine. 
 klik file -> new -> Virtual Machine untuk memulai simulasi atau dapat dengan cara menekan Ctrl+N




3. akan muncul kotak dialog dari Virtual Machine
 klik Next


4.lalu pilih type dari konfigurasi Virtual Machine. Pada kali ini saya memilih custom karena saya ingin mengatur penginstallan sesuai yang diinginkan.



5. Lalu akan muncul memilih New – Workstasion.



6.pilih jenis OS yang akan diinstallkan beserta jenis atau versi dari Os tersebut. Kali ini saya memilih “LINUX dengan Versi UBUNTU”, lalu klik next.



7. Masukan nama dari Virtual Machine dan lokasi tempat Virtual Machine tersebut akan disimpan, lalu klik Next.






8. Lalu pilih processor yang akan digunakan 
Karena processor yang saya gunakan 1 maka saya memilih 1.



9. kapasitas memory yang akan digunakan dalam proses pnginstallan OS tersebut. Tetapi saya memilih sesuai yang direkomendasikan, 
klik Next.


10. Lalu pilih hubungan koneksi jaringan, karna yang saya gunakan itu “stand alone” jadi saya pilih “do not use a network conection”. 
Lalu klik “next”


11. Lalu pilih I/O adapter type. Dalam kali ini saya memilih LSI Logic. Lalu klik “Next”


12. Memilih disk lalu klik “Next”


13. lalu pilih type virtual disknya. Klik “Next” saya memilih type yang di rekomendasikan saja


14. Lalu tentukan kapasitas hardisk yang akan di gunakan, seperti di bawah ini , saya menentukan kapasitas hardisk 4 gb.




15. Setelah itu tinggal mengganti CD-ROM nya, denagn meng-klik tanda atau bagian yang berbentuk CD

16. Ganti koneksi drive dengan ISO lalu OK.


17. setelah selesai klik tanda play untuk memulai simulasi dengan VMware.

18. Setelah itu anda pilihlah bahasa yang digunakan untuk mulainya simulasi.

19.mulailahh menginstall ubuntu seperti biasa :D

semoga bermanfaat :D 



0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India